Home > life style > Belajar mencintai pekerjaan

Belajar mencintai pekerjaan

Beberapa rekan mengaku sangat mencintai karier yang sedang mereka jalani. Tetapi, banyak juga yang merasa sangat tertekan dengan pekerjaan mereka.

Yang kerap dijadikan alasan adalah soal gaji yang terlalu kecil. Tidak sebanding dengan waktu yang banyak terbuang, tenaga yang terkuras. Bisa juga karena tidak adanya asuransi kesehatan, atau sikap bos yang arogan.

Jika merasa tidak nyaman dengan pekerjaan, lakukan perubahan segera agar apa yang Anda lakukan tidak sia-sia. Belajar mencintai pekerjaan yang Anda jalani adalah salah satu pilihan. Cobalah tips dari Divine Caroline berikut.

1. Ubah pola pikir
Apa yang paling mengganggu soal pekerjaan Anda saat ini? Apakah perangai bos atau suasana kerja yang buruk? Jangan membiarkan kondisi eksternal mempengaruhi kebahagiaan pribadi.

Tanyakan dalam hati mengapa atasan membuat Anda merasa tidak nyaman bekerja? Atau apa kondisi kantor yang membuat Anda tidak nyaman? Tulis beberapa jawaban yang mungkin dari pertanyaan ini.

Selanjutnya, sadari bahwa ketidaknyamanan berasal dari reaksi diri sendiri karena terjebak pikiran bahwa bos melakukan hal salah. Tetapi ingat, mustahil mengubah perangai atasan. Yang paling realistis adalah mengubah perspektif dan reaksi sendiri. Caranya, camkan bahwa atasan mungkin tidak mengetahui ada hal yang lebih baik.

2. Bersenang-senang dengan pekerjaan
Masukkan beberapa hal kecil agar memberi rasa nyaman saat bekerja. Misalnya, bawa foto-foto anak dan suami, atau selalu sertakan pena kesukaan saat hari-hari sibuk di kantor.

Jangan biarkan diri terjebak dalam stres akibat pekerjaan dan rutinitas kantor. Makan siang atau minum kopi bersama teman bisa membantu melepas penat akibat lelah bekerja.

3. Istirahat
Ambil jeda dan beristirahatlah sebentar. Istirahat selama lima belas menit, 30 menit atau selama jam makan siang merupakan cara terbaik untuk melepaskan penat dan mengumpulkan kembali energi positif.

Makan siang sambil berjalan-jalan di tempat yang menyenangkan akan memperbaiki mood dan Anda siap bekerja kembali setelahnya.

4. Cari bantuan
Cobalah meminta pendapat orang di luar lingkungan kantor. Ia mungkin dapat memberikan perspektif berbeda, yang mungkin tidak Anda sadari selama ini. Orang luar biasanya membaca situasi lebih objektif dan bisa memberi masukan berguna.

Berdiskusi dan berbagi dengan orang lain akan memberi kedamaian di tengah kepenatan bekerja. Jangan mudah mengambil keputusan untuk resign dan mencari pekerjaan baru, sebelum menemukan penyebab ketidaknyamanan yang Anda rasakan selama ini.

Sebab jika tidak, di tempat yang baru pun Anda akan cenderung menghadapi masalah ketidaknyamanan yang sama. Setelah berhasil berdamai dengan pekerjaan Anda sekarang, mungkin saatnya mencari apa yang sebenarnya pekerjaan yang Anda cintai dan inginkan.





Categories: life style
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: