Home > Uncategorized > Bahan alami tuntaskan masalah jerawat

Bahan alami tuntaskan masalah jerawat

Senyawa kimia alami yang terkandung dalam minyak kelapa, lauric acid, menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of California San Diego (UCSD), Amerika Serikat, bisa menjadi obat untuk mengatasi jerawat. Selain pada minyak kelapa, lauric acid ini juga ditemukan pada air susu ibu (ASI)

Hal ini diketahui dari percobaan seorang mahasiswa doktoral jurusan bioteknologi dari UCSD. Ia mengembangkan “smart delivery system”, yang bisa mengirimkan senyawa lauric acid yang diisi “nano-scale bombs”, untuk menghancurkan bakteri (Propionibacterium) pemicu jerawat.

Perawatan ini masih dalam percobaan dan masih menimbulkan efek samping seperti kemerahan dan rasa panas. Tetapi, bisa menjadi perawatan jerawat yang sangat efektif.

“Hal ini sangat menyenangkan. Saya memiliki kesempatan untuk mengembangkan obat jerawat,” kata peneliti Dissaya Nu Pornpattananangkul, seperti VIVAnews kutip dari Idiva.com.

Sistem perawatan jerawat yang dikembangkan ini menggunakan nano partikel dari emas. Hal itu agar senyawa lauric acid bisa melekat pada permukaan kulit tempat jerawat tumbuh. Nano partikel tersebut membantu menemukan bakteri yang menyebabkan jerawat.

“Secara presisi, nano partikel akan mengirimkan senyawa lauric acid tepat pada kulit tempat tumbuhnya jerawat. Sehingga, bakteri penyebab infeksi jerawat bisa tertangani dengan baik,” kata profesor Liangfang Zhang, dari UCSD.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: