Home > life style > Atasi Gangguan Tidur Dengan Meditasi

Atasi Gangguan Tidur Dengan Meditasi

Berdasar hasil survei Universitas Standford Amerika, 80 persen manusia tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Padatnya aktivitas sehari-hari yang memicu kecemasan dan stres adalah faktor utama penyebab gangguan tidur.

Itulah mengapa usaha membersihkan pikiran dari segala hal meresahkan dipandang sebagai cara paling efektif untuk meraih kualitas tidur yang maksimal. Menciptakan keheningan dengan meditasi bisa menjadi pilihan. 

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari meditasi. Tak hanya sekadar membersihkan pikiran dari hal negatif, tapi juga menurunkan ketegangan otot dan melancarkan aliran darah yang dapat menciptakan ketenangan jiwa. Meditasi juga meningkatkan asupan oksigen yang baik bagi pernafasan.

Berikut beberapa metode meditasi yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi gangguan tidur.

1. Gibberish Meditation
Meditasi ini bermanfaat meringankan pikiran dan melepaskan beban tekanan mental, sehingga Anda mampu menikmati tidur yang baik. Cara melakukannya mudah. Cukup menciptakan suasana yang hening, lalu duduk dalam diam beberapa saat.

Meditasi ini mampu membantu Anda mengosongkan beban pikiran. Ketika Anda berbicara, Anda tidak akan tahu apa yang Anda katakan, gerak tubuh Anda, gairah Anda sedang melakukan pekerjaan. Lakukan ini minumal dua menit selama tujuh hari.

2. Laughter Meditation
Tertawa mampu melepaskan ketegangan dan membuat perasaan tenang sehingga lebih mudah jatuh tertidur. Tertawa adalah salah satu cara termudah untuk membebaskan diri dan menemukan kedamaian batin.

Memasukkan lebih banyak tawa setiap hari dalam kehidupan Anda, baik di pagi hari, sore, maupun di malam hari. Menciptakan tertawa alami bisa dilakukan dengan duduk santai sambil menonton film-film komedi. Tertawa merangsang pembentukan hormon yang dapat mengendurkan stres sehingga menciptakan tidur nyenyak.

Categories: life style
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: