Home > life style > Tiga Makanan Cegah Insomnia

Tiga Makanan Cegah Insomnia

Jangan remehkan gejala insomnia. Begitu banyak bahaya mengintai jika gangguan tidur ini disepelekan. Bukan hanya menyebabkan kerugian psikis, namun juga penurunan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya sulit tidur. Gejala insomia juga meliputi sejumlah kondisi seperti sering terjaga saat terlelap dan sulit tidur lagi, tidur gelisah, bangun terlalu cepat, atau merasa lelah saat bangun.

Ada tiga tingkatan insomnia. Sementara: berlangsung tak lebih dari sepekan, dan umumnya disebabkan stres. Sedang: satu sampai empat minggu, yang dipicu stres berlanjut atau penyakit akut. Kronis: berlangsung lebih sebulan akibat hormon dan struktur kimia dalam otak. Insomnia kronis memicu penyusutan otak. 

Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala insomnia sedang atau kronis. Namun, jika masih pada tingkat sementara, cobalah mengonsumsi tiga jenis makanan berikut untuk membuat tidur lebih berkualitas, seperti dimuat dalam laman Good to Know,

Pisang
Mengonsumsi snack berkarbohidrat tinggi seperti pisang akan meningkatkan kadar tryptophan dalam otak. Senyawa amino itu meningkatkan konsentrasi serotonin yang membuat seseorang mengantuk.

Wijen & Biji Bunga Matahari
Biji-bijian kaya magnesium itu sangat bermanfaat untuk relaksasi otot. Mengonsumsi senggenggam pada malam hari sangat baik untuk penderita gangguan tidur akibat stres.

Susu
Minuman hangat mengandung susu bermanfaat meredakan nyeri tubuh. Kandungan susu juga mencipta gula alami yang dapat menstimulasi produksi serotonin.

Categories: life style
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: