Home > Uncategorized > Besok,1.000 wanita bersepada ontel

Besok,1.000 wanita bersepada ontel

Untuk memperingati dan memeriahkan Hari Kartini, jajaran Pemkot Administrasi Jakarta Selatan, akan menggelar parade sepeda ontel, Sabtu (24/4/2010). Pesertanya kurang lebih 1.000 orang yang didominasi oleh kaum wanita, dengan berpakaian adat kedaerahan. Parade ini juga sekaligus untuk mengampanyekan gerakan bersepeda bagi kaum hawa.

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Syahrul Effendi mengatakan, peserta parade sepeda ontel ini tidak hanya kaum hawa yang bekerja di kantor wali kota, akan tetapi juga di tingkat kelurahan dan kecamatan serta SKPD lainnya. Selain itu kaum wanita dari dharma wanita persatuan (DWP), TP PKK, BKOW (Badan Kerjasama Organisasi Wanita) dan sejumlah organisasi lainnya akan turut berpartisipasi. Bahkan sejumlah anggota Polwan dari Mapolres Metro Jakarta Selatan dan Polsek Kebayoranbaru juga akan turut memeriahkannya.

Selain menggelar parade sepeda ontel, untuk menyambut Hari Kartini ini juga akan dimeriahkan dengan panggung hiburan dan door prize menarik di halaman kantor wali kota. Ia optimis, peserta parade sepeda ontel ini akan lebih dari 1.000 orang. Hal ini mengingat kawasan Jakarta Selatan sudah dijamuri para penggemar sepeda. Tidak hanya di lingkungan pemerintahan, di kalangan swasta pun sepeda ontel sudah menjamur. Bahkan para pembantu rumah tangga di wilayah tersebut, sudah turut membiasakan diri menggunakan sepeda saat bepergian untuk menjalankan perintah majikannya.

“Kami sudah tiga tahun mengampanyekan gerakan bersepeda. Bukan hanya slogan akan tetapi kami dari jajaran pemerintahan pun sudah memberikan contoh. Sebagai anak buah gubernur DKI, saya pun sudah membiasakan diri menggunakan sepeda untuk pulang pergi ke kantor, minimal seminggu dua kali,” ungkap Syahrul, Jumat (23/4/2010).

Selanjutnya Syahrul menegaskan bahwa sebagai wali kota, ia hanya memiliki visi yang sederhana akan sepeda ontel. Yakni ingin menjadikan sepeda sebagai moda transportasi pribadi yang ramah lingkungan. Sehingga wilayah Jakarta Selatan menjadi kota hijau yang asri dan menyehatkan. Untuk mewujudkan obsesinya itu, ia sudah melakukan tinjauan ke berbagai wilayah seperti ke Bandung, Yogyakarta, dan beberapa daerah lainnya. Bahkan langkahnya itu telah direspon positif oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo maupun Menteri Dalam Negeri, Gawaman Fauzi.

Lebih dari itu, untuk memperkuat jaringan sepeda ontel, Syahrul kini membentuk komunitas sepeda baru yakni Kongres Sepeda Indonesia (KSI). Rencananya, KSI ini akan menggelar kongres perdananya di Jakarta pada 16-18 Juli mendatang. Peserta kongres adalah seluruh komunitas sepeda ontel di Indonesia. Tak hanya dari kalangan pemerintahan, peserta kongres ini juga diikuti oleh kalangan artis, wartawan, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Peserta kongres dibatasi hanya 2000 orang.

Agar lebih meriah, kongres ini juga akan dimeriahkan dengan parade sepeda massal dengan peserta 50 ribu orang. Rencananya, kegiatan ini akan dimasukkan dalam rekor MURI, sebab pesertanya akan mengenakan pakaian adat kedaerahan. Rutenya adalah berawal dari Gelora Bung Karno lalu mengitari Jl Sudirman, Jl Thamrin, Jl Gajah Mada, dan berakhir di Kota Tua.

“Kongres sepeda ini memiliki tiga event besar yakni, menghadirkan perwakilan pesepeda se-Indonesia. Kemudian menggelar ekspos sepeda, mulai dari sepeda ontel sampai gunung dan parade sepeda massal,” katanya. Sebelumnya juga akan digelar kegiatan pra-kongres, seperti lomba penulisan sepeda dan lomba pembuatan logo KSI. Rencananya, pra-kongres ini sudah mulai digelar pada Mei mendatang.

Pembentukan KSI ini juga disambut hangat Mendagri Gamawan Fauzi. Dalam sebuah acara, pekan lalu ia mengatakan, sangat mendukung terbentuknya KSI ini. Kongres akbar ini juga sekaligus untuk mendeklarasikan berdirinya Komite Sepeda Indonesia yang merupakan wadah nasional bagi komunitas sepeda se-Indonesia. “Saya berharap, kongres nanti akan melahirkan keputusan yang bermanfaat bagi pengguna dan komunitas sepeda se-Indonesia dalam upaya menjadikan sepeda sebagai moda transportasi yang nyaman, aman, dan ramah lingkungan,” katanya

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: