Home > Uncategorized > Bayi Mampu Identifikasi Orang Jahat dan Baik⁠

Bayi Mampu Identifikasi Orang Jahat dan Baik⁠

Di usia enam bulan, bayi-bayi masih kesulitan berdiri. Akan tetapi, menurut ahli ilmu jiwa, mereka sudah mengembangkan kesadaran moral dan bisa membedakan mana yang baik dan jahat.

Sebelumnya, psikolog dan pakar sosial meyakini bahwa manusia lahir seperti kertas putih yang masih polos. Moralitas manusia dibentuk oleh orangtua dan pengalaman-pengalaman. Akan tetapi, serangkaian percobaan yang dilakukan peneliti dari Yale University di Connecticut, membantah keyakinan tersebut.

Kemampuan membedakan yang benar dan salah, menurut peneliti, sudah tertanam dalam otak sejak lahir. Dalam sebuah percobaan yang melibatkan boneka, bayi-bayi usia enam bulan menunjukkan ketertarikan kuat terhadap ‘karakter baik’ dan menolak ‘karakter nakal’.

Dalam percobaan lain, mereka bahkan berperan sebagai hakim dan juri. Saat diminta mengambil makanan dari boneka ‘nakal’, beberapa bayi bahkan bertindak lebih jauh. Mereka memberi hukuman pribadi dengan cara memukul kepala boneka tersebut.

“Sejumlah bukti menunjukkan manusia mempunyai pengertian moral dasar sejak di awal kehidupan,” terang Profesor Paul Bloom, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Senin  (10/5). Dengan bantuan percobaan yang didisain bagus, terang dia, Anda bisa melihat pancaran pikiran moral, penilain moral dan perasaan moral bahkan di awal kehidupan.

Categories: Uncategorized
  1. rey
    May 11, 2010 at 6:05 pm

    iyokah….mosok…sopo jenenge bayi seng diteliti???

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: