Home > Uncategorized > Olahraga Keras Cegah Kematian Sel Tubuh

Olahraga Keras Cegah Kematian Sel Tubuh

OLAHRAGA atau latihan fisik keras bisa menghentikan kematian alami sel-sel tubuh. Penulis utama studi Gabriella Marfe dari University of Rome, seperti dikutip situs healthday.com, Selasa (11/5) menemukan, sel-sel dari orang-orang yang baru saja lari maraton tidak terlibat dalam aktivitas yang dikenal dengan apoptosis. Apoptosis merupakan kematian alami dari sel-sel.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal BMC Physiology ini, Marfe dan teman-temannya mengambil sampel darah dari 10 atlet yang telah ambil bagian dalam lari 42 kilometer. Peneliti menemukan adanya perubahan keseimbangan antara ekspresi gen yang pro-apoptotic dan anti-apoptotic setelah perlombaan. Peneliti meyakini bahwa protein sirtuin mempunyai peran pelindung dalam mencegah kematian sel melalui olahraga.

Jadi, apakah Anda juga perlu berlari? Marfe menganjurkan agar Anda berati-hati jika belum terlatih.”Atlet amatir yang tidak terlatih seringkali melakukan latihan keras tanpa arahan profesional. Olahraga keras dan melelahkan seperti ini bisa membahayakan kesehatan,” terang dia. Untuk mendapatkan manfaat sehat olahraga, Anda dianjurkan memasukkan olahraga sebagai bagian gaya hidup jangka panjang. Selain itu, ada baiknya meminta arahan dari pelatih profesional.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: