Home > Uncategorized > Kepekaan Otak Bayi Meningkat Saat Tidur

Kepekaan Otak Bayi Meningkat Saat Tidur

Bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya dengan tidur. Mereka bisa menghabiskan waktu tidur selama 18-20 jam per hari. Tanpa disadari, tidur ternyata mengajarkan bayi beradaptasi terhadap lingkungan.

Dalam percobaan terhadap 26 bayi baru lahir berusia satu sampai dua hari yang sedang tidur, peneliti memainkan nada musik tertentu diikuti oleh embusan udara ke mata mereka sebanyak 200 kali selama setengah jam dan lalu mencatat aktivitas otak bayi.

Dalam keadaan tidur, disimpulkan ternyata aktivitas otak bayi menunjukkan kepekaan tinggi terhadap embusan udara. Bahkan, hasil analisis menunjukkan kepekaan itu meningkat empat kali lipat dari saat mereka terjaga.

“Bayi adalah pengumpul informasi dan spons data. Bayi juga menyerap informasi kendati sedang terlelap tidur,” kata William Fifer, ahli syaraf perkembangan pada Universitas Columbia di New York, seperti dikutip dari jurnal online Proceedings of the National Academy of Sciences.

Penelitian itu juga menyimpulkan selama tidur otak bayi sarat dengan aktivitas terutama di daerah yang terkait proses visual, motorik, dan pendengaran. Temuan terbaru ini membuka peluang untuk mengidentifikasi bayi dengan risiko kelainan otak sejak usia dini seperti autisme dan disklesia.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: