Home > Uncategorized > Peneliti Temukan Cara Agar Tidak Terus Mengunyah

Peneliti Temukan Cara Agar Tidak Terus Mengunyah

wstrong> Ilmuwan Inggris berhasil menemukan sebuah senyawa kimia untuk menekan nafsu dari makanan lezat berkalori tinggi.

Subtansi senyawa ini ditemukan secara alami ada di dalam tubuh sehingga membuka jalan bagi hadirnya obat diet baru yang membantu orang mengurangi berat badan tanpa efek samping yang menyedihkan.

Gagasannya adalah menghentikan makan sebagai proses yang menyenangkan, tanpa perlu merasa kelaparan. Tidak hanya itu, cara ini dapat digunakan untuk mengobati ketergantungan alkohol dan penyalahgunaan obat-batan, ujar salah satu peneliti di Manchester University seperti dikutip dari Daily Mail.

Senyawa kimia yang disebut hemopressin bekerja dengan memberi efek pada pusat otak yang menyala saat seseorang menikmati cemilan ataupun rokok.

Tes menunjukkan bahwa hemopressin mampu membentengi area otak ini sehingga mengurangi proses ‘kenikmatan’ saat mengkonsumsi sesuatu.

Produk sintetis bernama Rimonabant yang mempengaruhi otak untuk mereduksi rasa lapar telah dikembangkan 6 tahun lalu dan dipasarkan sebagai obat anti-obesitas. Namun, obat ini telah meningkatkan risiko depresi dan bunuh diri.

Dr Garron Dodd, salah satu penulis dari penelitian ini menerbitkan di Journal of Neuroscience percaya hemoprerssin yang bekerja secara alamiah dapat meminimalisir kelaparan tanpa ada efek samping.

Dalam sebuah tes di laboratorium, tikus yang mengkonsumsi hemopressin hanya makan sedikit. “Kami saat ini berencana untuk menyelidiki lebih lanjut,” kata Dr Dodd.

“Meskipun penemuan kami mengindikasikan keamanan, namun kami tidak bisa segera melakukan uji coba pada manusia,” ujarnya lagi.

“Penemuan ini, bagaimanapun, menawarkan cara baru mengenai bagaimana otak mengontrol pola makan dan membuka kesempatan baru mengenai bagaimana memanipulasi sirkulasi otak dan mengembangkan pengobatan anti-obesitas.”

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: