Home > Uncategorized > Inilah Rahasia Umur Panjang

Inilah Rahasia Umur Panjang

aUmur panjang sudah jadi misteri sejak manusia ada di dunia. Tapi beberapa substansi kini telah diketahui bisa memperpanjang umur. Pembatasan kalori terbukti memicu umur panjang.

Aubrey de Grey gerontologist Inggris telah memukul genderang selama bertahun-tahun untuk menghasilkan terapi antipenuaan. Dia memainkan peran penting dalam terbitnya sebuah buku yang muncul baru-baru ini berjudul ‘Lama di Dunia’ dan sebuah film dokumenter baru berjudul ‘Menua atau Tidak Menua’.

Dalam Science Translational Medicine edisi minggu ini, de Grey dan sembilan penulis bersama lainnya mendesak Amerika Serikat dan negara-negara lain untuk membuat sebuah inisiatif Proyek Apollo. Proyek itu untuk menghindari ‘krisis penuaan global’.

Resep yang ditawarkan para ahli termasuk kampanye meningkatkan kesadaran umum tentang perubahan gaya hidup yang dapat menyebabkan hidup lebih panjang dan sehat. Termasuk upaya di laboratorium untuk mengembangkan obat-obatan antipenuaan dan mendorong teknik baru untuk memperbaiki, mengembalikan atau mengganti kerusakan sel dan molekul yang diakibatkan oleh usia.

“ Ada kesalahpahaman bahwa penuaan adalah sesuatu yang pasti terjadi pada Anda, seperti cuaca dan tidak dapat dipengaruhi,” kata penulis yang lain, Jan Vijg dari Yeshiva University ‘s Albert Einstein College of Medicine. “Kejutan besar pada dekade terakhir, pada banyak hewan yang berbeda, kita dapat memperpanjang rentang hidup sehatnya dalam berbagai cara.”

Saat menerjemahkan penelitian antipenuaan ke dalam kehidupan nyata, peneliti menghadapi setidaknya tiga jenis tantangan. Pertama, saran gaya hidup dasar untuk makan dengan bijaksana dan olahraga cukup.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya mengapa hal itu sebagai sesuatu yang besar. “Itu untuk menikmati kehidupan fantastis,” sebut Jonathan Weiner dalam bukunya ‘Lama di Dunia’.

Faktor genetik juga mempengaruhi umur panjang, seperti yang ditunjukkan satu studi baru-baru ini. Tapi itu sulit untuk mengetahui secara tepat bagaimana faktor-faktor tersebut berinteraksi satu dengan yang lain dan berhubungan dengan faktor-faktor gaya hidup.

Tantangan kedua berhubungan dengan terapi antipenuaan yang diharapkan menjadi peluru ajaib suatu hari nanti. Beberapa substansi sepertinya bisa memperpanjang umur dan pembatasan kalori juga sebagai memicu umur panjang pada cacing dan tikus.

Tapi belum jelas apakah strategi-strategi itu akan bisa bekerja untuk manusia. Itu bisa saja efektif untuk tikus tapi akan membuat manusia sakit, atau membuat hidup tidak menyenangkan sehingga percuma hidup lebih lama.

Seperti de Grey dan rekan-rekannya, futuris/penemu Ray Kurzweil telah menghadapi tantangan itu selama bertahun-tahun. Dia tidak bertindak hanya sebagai peneliti antipenuaan semata, tetapi sebagai orang pintar yang namanya terkenal karena keahliannya memprediksi tren teknologi informasi yang memberikan manfaat pada kurva eksponensial daripada kemajuan linier.

Hidup panjang secara ekstrem adalah bagian dari visi Kurzweil untuk mempercepat perubahan dalam beberapa dekade mendatang. Cara dia melihatnya, dengan menganggap medis sebagai bentuk lain dari teknologi informasi, berkat kemajuan di bidang genetika dan biologi molekular.

Kurzweil dan pendiri bersama X Prize Peter Diamandis telah membentuk lembaga yang disebut Singularity Universitas di NASA Ames Research Park di California Silicon Valley untuk melatih para pemimpin dalam menangani masalah itu. Apakah hidup lebih lama di dunia akan terwujud?.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: