Home > Uncategorized > Terungkap, Agar ‘High Heels’ tidak Sakit Ellyzar Zachra PB

Terungkap, Agar ‘High Heels’ tidak Sakit Ellyzar Zachra PB

aPerempuan yang memakai sepatu hak tinggi sepanjang hari sering kali mengalami rasa sakit. Ilmuwan menemukan alasan sekaligus cara mengatasi nyeri ini.

Para peneliti menemukan wanita yang secara teratur memakai sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama akan menderita rasa nyeri karena otot mereka kewalahan dan tidak bisa santai. Ilmuwan menilai bahwa saat memakai sepatu dengan tumit kaki yang diagkat akan menekan serat otot.

Para ilmuwan di Manchester Metropolitan University kemudian melihat bahwa tendon Achilles menjadi lebih tebal dan lebih kaku sehingga sulit untuk meregangkan kaki saat berjalan.

Mereka mengatakan hal ini bisa menjelaskan mengapa wanita bisa memakai sepatu hak tinggi untuk beberapa jam namun merasa sakit saat melepaskannya.

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Experimental Biology, tim relawan adalah perempuan berusia antara 20 dan 50 tahun yang secara rutin mengenakan sepatu dengan hak setinggi 5cm selama dua tahun atau lebih.

Dengan menggunakan ultrasound untuk mengukur panjang serat otot pada otot betis perempuan, ilmuwan menemukan pemakai hak tinggi sekitar 13% miliki serat otot lebih pendek dari orang-orang yang memakai sepatu datar.

“Ini mengkonfirmasikan hipotesis bahwa ketika Anda menempatkan otot dalam posisi yang lebih pendek, serat-serat akan turut menjadi lebih pendek,” kata Prof Marco Narici yang memimpin penelitian.

“Kami menemukan tendon Achilles tampak sama panjang dalam dua kelompok, tetapi pada wanita yang memakai sepatu hak tinggi, otot ini lebih tebal dan lebih kaku sehingga sulit bagi mereka untuk meluruskan kaki mereka ketika mereka berada di tempat yang datar.”

Tapi masalah ini dapat diatasi dengan melakukan latihan peregangan sederhana sepanjang hari.

“Jika Anda berdiri di ujung jari kaki dan merendahan tumit Anda kemudian melakukan ini secara berulang maka dapat merenggangkan tendon sehingga memudahkan Anda saat berjalan sejajar dengan tumit,” ujar Narici. Anda cukup lakukan ini 20 kali sehari, tambahnya.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: