Home > life style > Lima Langkah Seimbangkan Mental

Lima Langkah Seimbangkan Mental

DAFTAR pekerjaan yang menumpuk dan seakan tiada habisnya bisa membuat siapa saja stres dan kewalahan. Jika Anda selalu merasa dikejar-kejar deadline dan tidak memiliki ruang untuk berlari, mulailah membenahi keseimbangan mental dengan mengikuti sejumlah langkah berikut ini.

1. Fleksibilitas
Mental Health America menyarankan setiap pekerja untuk meminta fleksibilitas dari perusahaan. Zaman sekarang, fleksibilitas waktu dan telekomunikasi dengan cepat menjadi kebutuhan di dunia bisnis. Jika diminta, perusahaan mungkin mengizinkan Anda memiliki jam kerja yang lebih fleksibel, atau bekerja dari rumah sekali dalam seminggu. Penelitian menunjukkan, karyawan yang bekerja dengan jadwal fleksibel lebih produktif dan loyal terhadap perusahaannya.

2. Efisiensi
Gunakan waktu kerja secara efisien. Ketika kita menunda, tugas sering kali menguasai pikiran kita dan terlihat seolah-olah tidak dapat diselesaikan. Jadi, tiap kali Anda menghadapi proyek besar, mulailah dengan membagi-baginya menjadi tugas yang lebih kecil. Selesaikan tugas pertama sebelum beralih mengerjakan tugas selanjutnya. Begitu seterusnya hingga selesai.

Berikan diri sendiri hadiah tiap kali selesai mengerjakan satu tugas, entah itu beristirahat selama lima menit atau keluar sebentar ke kedai kopi. Jika Anda merasa kewalahan dengan rutinitas yang terlihat tidak penting, beritahukan hal tersebut kepada atasan. Semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk menunda-nunda pekerjaan atau melakukan tugas yang tidak perlu, semakin banyak waktu yang dapat Anda habiskan untuk sesuatu yang produktif, atau sekadar bersantai dengan teman dan keluarga.

3. Realistis
Buat daftar tugas yang masuk akal untuk dipenuhi dan dikerjakan. Tetapkan sejumlah tujuan yang dapat dikelola setiap hari. Kemampuan untuk memenuhi prioritas-prioritas membantu Anda merasakan keberhasilan dan kontrol. Penelitian terbaru menunjukkan, lebih banyak kontrol yang dimiliki orang terhadap pekerjaan, semakin berkurang rasa stresnya.

Jadi, buat sebuah daftar tugas yang harus dipenuhi dengan memprioritaskan tugas-tugas penting terlebih dulu, dan menghilangkan yang tidak penting. Minta bantuan orang lain jika diperlukan. Tidak ada yang mengatakan Anda harus melakukan segala sesuatu seorang diri.

4. Musik
Dengarkan musik favorit Anda di tempat kerja untuk membantu berkonsentrasi, mengurangi stres dan kecemasan, serta merangsang kreativitas. Berdasarkan studi lebih dari 30 tahun lalu, manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari termasuk mengurangi tekanan darah. Pastikan untuk mengenakan headphone di kantor, agar orang lain tidak terganggu dengan musik Anda.

5. Istirahat
Beristiharat sejenak dari layar komputer bisa mengembalikan stamina dan semangat yang mulai kendur. Menyisihkan waktu untuk mengaso barang lima sampai sepuluh menit setiap beberapa jam, bisa membantu menjernihkan pikiran, dan meningkatkan kemampuan berhadapan dengan stres dan membuat keputusan yang baik.

Categories: life style
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: