Home > life style > Alkohol Penyebab Gangguan Jiwa Anak

Alkohol Penyebab Gangguan Jiwa Anak

INI peringatan bagi orang tua gemar meminum minuman beralkohol. Studi terbaru mengungkapkan para orang tua yang kecanduan alcohol akan berakibat pada perkembangan jiwa bagi anak-anak mereka.

Berdasarkan penemuan dari Universitas Yale, hubungan terkuat yang mendorong perkembangan jiwa anak akibat dari kecanduan alkohol orang tua adalah antara orang tua ibu dengan anak perempuan.

Sudah diketahui bahwa anak-anak dewasa dari orang tua yang kecanduan alkohol anak meningkatkan penyakit terhadap kejiwaannya, namun efek bagi anak-anak dan orang tua belum dapat diketahui

Para peneliti telah melakukan analisa data terhadap lebih dari 23.000 anak laki-laki dan 17.400 anak perempuan di Amerika Serikat pada US National Epidemiological Survey on Related Conditions.

Hubungan antara ibu-dengan anak perempuan yang merupakan pengaruh terbesar dalam meningkatnya resiko terhadap ketergantungan nikotin, penyalahgunaan alkohol dan gangguan kepribadian skizofrenia.

Meskipun tidak kuat, ini juga merupakan peningkatan terhadap resiko penyakit jiwa diantara anak-anak dewasa pada ayah-anak laki-laik, ayah-anak perempuan dan pasangan antara ibu dan anak.

Studi ini telah muncul pada situs online dan dalam edisi cetak jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research pada bulan Oktober lalu.

“Masalah-masalah yang timbul akibat kecanduan alkohol tidak terbatas pada individu yang mengkonsumsi. Namun anak-anak juga sangat rentan terhadap efek negatif dari kebiasaan orang tua mereka yang mengkonsumsi alkohol dan akan menjadikan kebiasaan mengkonsumsi alkohol jika anak-anak tersebut beranjak dewasa,” kata penulis Peter T. Morgan, associate professor psikiatri di Universitas Yale, seperti dikutip dari laman Healthday.com

Hasil studi yang didapat dari Morgan adalah yang pertama bahwa temuan ini memberikan pelajaran bagaimana alkohol dapat merusak kesehatan dan mental anak-anak yang terlahir dari orang tua pecandu alkohol.

Temuan ini menunjukkan bahwa dalam sebuah keluarga dimana sang ibu adalah pencadu alkhol, maka putri mereka akan mengalami masalah dalam kejiwaannya

Jadi, kesimpulannya adalah bahwa efek samping dari orang tua yang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat membuat gangguan jiwa pada anak-anak mereka sesuai dengan jenis kelamin anak mereka.

Buat para orangtua pecandu alkohol yang menginginkan anaknya tumbuh sehat dan normal, kurangi konsumsi alkohol. Sayangi diri anda dan anak-anak Anda.

Categories: life style
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: