Home > Uncategorized > Ilmuwan Klaim Makin Dekat Temukan “Partikel Tuhan”

Ilmuwan Klaim Makin Dekat Temukan “Partikel Tuhan”

aPara peneliti di Fermilab mengumumkan mereka mendekati menemukan “Partikel Tuhan”. Partikel teori itu merupakan ibu dari segala partikel..

Penelitian ini merupakan bagian dari upaya untuk menemukan partikel Higgs Boson yang secara teori memberikan massa kepada semua partikel dan diharapkan menjawab pertanyaan tentang susunan alam semesta.

Para ilmuwan di Fermilab secara signifikan mempersempit ukuran atau rentang massa dari partikel Higgs Boson, dan memangkas kemungkinannya hingga seperempat.

Percobaan pencarian sebelumnya untuk menjelaskan mengapa partikel memiliki massa menunjukkan bahwa partikel Higgs memiliki massa antara 114 hingga 185 GeV/c2 (GeV/c2 adalah ukuran massa dan mewakili gigaelectronvolts yang dibagi oleh kecepatan cahaya kuadrat – 100 GeV/c2 setara dengan 107 kali massa proton).

Percobaan Fermilab saat ini mengecualikan partikel Higgs yang memiliki massa antara 158 hingga 175 GeV/c2.

Pencapaian itu sebagai hasil lebih dari 500 triliun tabrakan antara proton dan antiproton yang membangun blok molekul yang lebih besar, di mana para peneliti telah mempelajarinya sejak 2001.

Tabrakan tersebut terjadi di Tevatron Collider Fermilab, yang menembakkan 2 sinar partikel dengan ukuran lingkaran sekitar 3,90 mil (6,28 km) ke arah yang berlawanan hingga mereka menabrak 1 sama lain, dan memuntahkan banyak energi dan diharapkan menghasilkan beberapa partikel baru dan menarik.

”Hasil terbaru kami 2 kali lebih banyak data dari satu setengah tahun lalu,” kata Stefan Soeldner-Rembold dari University of Manchester di Inggris.

“Ketika kami terus mengumpulkan dan menganalisa data, percobaan ini akan mengecualikan Standard Model Higgs Boson pada rentang seluruh massa yang diperbolehkan atau kita akan melihat petunjuk pertama keberadaannya”.

Data-data itu bersama dengan penelitian penghancur atom (Large Hadron Collider (LHC) akan membantu ilmuwan mempersempit jendela pencarian Higgs boson. Data dari 3 bulan pertama operasi LHC juga telah diumumkan.

”Ada bagian penting yang hilang dalam pemahaman kita tentang blok bangunan dasar alam semesta, dan hasil ini merupakan langkah penting dalam mempelajari bagaimana alam semesta bekerja dan mengapa hal itu ada,” kata John Womersley dari Science and Technology Facilities Council di Inggris yang mendanai penelitian itu.

Meskipun memiliki penghancur atom terbesar yang pernah dibangun, beberapa ilmuwan masih ingin penelitian lebih jauh. Untuk lebih mensimulasikan saat-saat setelah Big Bang atau teori penciptaan alam semesta hampir 14 miliar tahun lalu, para ilmuwan mengusulkan dana US$12,85 miliar, terowongan sepanjang 31 mil (50 km) yang disebut International Linear Collider (IHC).

Sebuah proyek pesaing yang disebut Compact Linear Collider (CLIC) telah diajukan pada CERN, yang juga pembangun LHC.

IHC dianggap lebih berteknologi maju akan tetapi Jean-Pierre Delahaye pemimpin studi CLIC mengatakan mesin mereka bisa sampai 10 kali lebih kuat.

Semakin besar sebuah penghancur atom, maka lebih besar gaya partikel dapat bertumbukan satu dengan yang lain dan semakin dekat hasilnya untuk mensimulasikan teori Big Bang.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: