Home > Uncategorized > Kalla Merasa Miliki Tanggung Jawab Moril

Kalla Merasa Miliki Tanggung Jawab Moril

zMantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku memiliki tanggung jawab moril atas maraknya kasus ledakan tabung elpiji 3 kilogram. Pasalnya, program konversi minyak tanah dengan elpiji merupakan keputusan Kalla saat masih menjabat wakil presiden dengan presiden.

“Itu tanggung jawab saya karena dulu itu adalah keputusan kita berdua,” ucapnya seusai mengikuti diskusi dengan para ahli Uni Eropa dan Asean terkait mediasi perdamaian di Hotel Le Meridien, Jumat (30/7).

Menurut Kalla masalah ledakan gas bukan hanya soal konversi tapi tabung gas secara keseluruhan. “Bukan cuma yang 3 kg saja, tapi yang 12 kg juga. Ini masalah yang menyeluruh,” katanya.

Salah satu solusi yang ditawarkan Kalla adalah meningkatkan kontrol kualitas terhadap tabung-tabung gas yang beredar. Konkritnya, adalah dengan membangun bengkel-bengkel pengendali kualitas yang bisa diselipkan di Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE).

“SPBE jumlahnya ada sekitar 450. Minimal Pertamina harus membuat 1 bengkel pengendali di 10 SPBE. Paling tidak, kita harus punya 50 tempat pengendali seperti itu,” ujarnya.

Terlebih, lanjutnya, tiap 10 hari sekali, tabung gas akan masuk ke SPBE untuk diisi ulang. Pada tahap inilah, Pertamina bisa memperketat lagi pengendalian kualitas atas tabung-tabung yang beredar. Dengan demikian, menurut Kalla, pemerintah tak perlu memusingkan lagi soal tabung gas yang berlogo Standar Nasional Indonesia (SNI) atau tidak.

“Yang perlu ditarik adalah tabung yang kualitasnya jelek. Bukan berdasarkan ada logo SNI atau tidak. Belum tentu yang ada logonya tidak rusak,” tegasnya.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: