Home > Uncategorized > Android Lampaui BlackBerry dan iPhone di AS

Android Lampaui BlackBerry dan iPhone di AS

qAkhirnya, sistem operasi terbuka besutan Google, Android kini menjadi platform mobile terpopuler di pasar ponsel pintar Amerika Serikat.

Untuk pertama kalinya platform Android mampu mempecundangi BlackBerry dan iPhone, dan mendominasi 34 persen dari ponsel pintar yang terjual di AS, pada kuartal dua tahun ini.

Seperti dikutip dari hasil riset yang dilakukanCanalys, ada sekitar 4,99 juta ponsel Android yang terjual dari total 14,7 juta unit ponsel pintar yang terjual di kuartal tersebut. Sementara itu, Research in Motion menjual 32,1 persen dan Apple hanya mampu mengambil 21,7 persen dari total penjualan ponsel pintar di AS.

Amerika Serikat merupakan pasar ponsel pintar di dunia, yang volumenya setara dengan 23 persen pengapalan ponsel pintar di seluruh dunia, pada kuartal kedua. Di AS, Android tumbuh 851 persen dan menjadi platform terbesar.

Sementara itu, pertumbuhan tahunan ponsel pintar di seluruh dunia pada kuartal dua mencapai 64 persen. Pertumbuhan Android di tingkat global juga tak kalah memukau, nyaris menyentuh angka 900 persen atau lebih tepatnya 886 persen.

Pertumbuhan ini diperkuat oleh munculnya berbagai handset Android yang didukung oleh berbagai vendor, seperti HTC, Motorola, Samsung, Sony Ericsson, dan LG. “Data terakhir kami menunjukkan secara jelas bahwa Android kini tengah memperoleh momentum yang luar biasa di seluruh dunia,” ujar Chris Jones, Vice President sekaligus analis utama di Canalys.

Canalys mencatat, pertumbuhan Android tak hanya terjadi di AS, melainkan juga terjadi di wilayah Asia Pasifik, terutama China dan Korea Selatan. “Apa yang terjadi di wilayah Asia Pasifik juga bercerita tentang optimistis di sekitar pertumbuan Android,” ujar Senior Analyst, TY Lau.

Pasar di wilayah ini, menurut Lau, cenderung menanti-nanti ponsel yang lebih canggih dibanding yang mereka miliki selama ini. Sementara itu, BlackBerry besutan RIM tumbuh 41 persen, berkat kuatnya penjualan BlackBerry Curve 8520 Gemini.

Pertumbuhan yang sama juga dialami oleh Nokia yaitu sebesar 41 persen, yang berhasil mengapalkan 23,8 juta unit ponsel di seluruh dunia yang didukung oleh kuatnya penjualan ponsel Nokia XpressMusic 5230. Dengan pertumbuhan ini masih Nokia masih menguasai 38 persen pangsa pasar ponsel pintar di seluruh dunia.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: