Home > Uncategorized > Jika BlackBerry Dilarang, Konsumen Bisa Marah

Jika BlackBerry Dilarang, Konsumen Bisa Marah

qMeskipun ada kekhawatiran menyangkut keamanan negara, operator memperkirakan akan ada kemarahan dari penggunanya jika BlackBerry dilarang.

“Jika pemerintah tetap mengambil keputusan untuk ikutan sikap beberapa negara di Timur Tengah, tentu harus ada alasan yang masuk akal. Pelanggan BlackBerry saat ini telah mencapai lebih dari 1,5 juta pengguna di Indonesia. Ini angka yang sangat besar,” tegas Teguh Prasetya, Group Head VAS Brand Marketing Indosat, saat ditemui Kamis (5/8) ini.

Teguh mengakui masalah keamanan dan privasi menjadi perhatian berbagai negara, khususnya Indonesia. Namun, sikap ini tidak lantas menjadikan pemerintah langsung melakukan pemblokiran.

“Ini bisa menimbulkan kemarahan dari jutaan pengguna BlackBerry. Pemerintah memiliki hak untuk membuat aturan, namun perlu ada pertimbangan yang jelas. Lagipula, budaya Indonesia dan Timur Tengah kan berbeda,” ujar Teguh.

Teguh menilai keberadaan BlackBerry tidak lagi sekadar perangkat komunikasi, tetapi juga menyentuh ranah budaya, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Berbeda dengan negara lain (Uni Emirat Arab dan Arab Saudi) yang merasa cukup kaya dengan pendapatan minyak mereka, Indonesia memiliki sumber pendapatan dari berbagai sisi, salah satunya bidang komunikasi. Ini bisa menjadi pertimbangan pemerintah,” kata Teguh.

Namun, Teguh menyarankan pemerintah untuk tetap mengambil jalan tegas salah satunya meminta RIM menghadirkan server lokal di Indonesia.

“Saat ini, salah satu biaya yang dikeluarkan pihak operator untuk layanan BlackBerry di Indonesia ialah server mereka di luar negeri. Seandainya ada di Indonesia, tentu tidak hanya menguntungkan pemerintah tetapi juga pihak operator,” tandas Teguh.

Sebelumnya, Gatot S Dewa Broto, Humas Kemenkominfo menyatakan tidak ada landasan hokum untuk memaksa BlackBerry menaruh servernya di Indonesia.

“Kita ingin pihak RIM menaruh main server di Indonesia jadi pesan apapun tidak perlu terkirim ke Kanada. Namun sayangnya, kita tidak memiliki landasan hukum untuk memaksa mereka. Jika ini terjadi di Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, kemungkinan bahwa mereka punya regulasi yang jelas untuk memaksa pihak RIM,” papar Gatot.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: