Home > Uncategorized > AKHIRNYA,SAUDI BISA PANTAU ISI PESAN PENGGUNA BB

AKHIRNYA,SAUDI BISA PANTAU ISI PESAN PENGGUNA BB

Pemerintah Arab Saudi dan produsen BlackBerry (BB) telah mencapai kesepakatan yang akhirnya mencabut larangan penggunaan layanan telepon pintar tersebut. Salah satu pasal perjanjian tersebut adalah pemerintah Arab Saudi untuk berhak memantau seluruh isi pesan pengguna BB di negaranya yang mencapai 750 ribu orang.

“Perjanjian menyatakan melalui pusat data BlackBerry yang juga akan diletakan di wilayah Arab Saudi, pemerintah berhak memantau seluruh isi pesan penggunanya. Ditakutkan, melalui layanan pesan BlackBerry, kelompok kriminal merencanakan perbuatan jahat,” ungkap salah seorang pejabat pemerintah Arab Saudi seperti dikutip AP, Sabtu (7/8).

Menurut pejabat pemerintah tersebut, saat ini berbagai uji coba tengah dilakukan untuk mengaktifkan server BB di negara tersebut.

Tak hanya akan diterapkan di Arab Saudi, perjanjian tersebut diyakini juga akan berdampak ke negara-negara lainnya, termasuk India dan Uni Emirat Arab, yang sebelumnya sempat mencemaskan teknologi yang menjaga kerahasiaan data seluruh pengguna BB yang tidak bisa ditembus oleh pemerintah.

Sebelumnya, Uni Emirat Arab sempat juga menyatakan akan menerapkan larangan terhadap penggunaan BB di negaranya. Tidak terkecuali Indonesia dan India yang menghendaki adanya kontrol lebih terhadap lalu lintas data pesan pengguna BB.

Pihak Research in Motion (RIM), produsen BB, menyatakan pihaknya memang memberi proteksi lebih kepada pelanggan BB yang berasal dari kelompok korporasi. Sedangakn untuk pelanggan individual, proteksinya akan lebih rendah lagi.

“Namun teknologi yang kami gunakan memang tidak bisa mempersilahkan pihak ketiga selain RIM dan pengguna BB itu sendiri untuk membaca pesan-pesan yang dikirimkan melalui BB,” ujar pihak RIM.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: