Home > Uncategorized > Menkominfo: Blackberry Harus Buka Server di Indonesia

Menkominfo: Blackberry Harus Buka Server di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan, perusahaan telekomunikasi Blackberry yang berkantor pusat di Kanada harus membuka server di Indonesia antara lain terkait kepentingan pemasukan negara bukan pajak (PNBP).

“Kami minta Blackberry membuat server di Indonesia, kalau tidak, Indonesia tidak bisa memperoleh PNBP. Selama ini mereka hanya menggunakan orang Indonesia untuk meraup keuntungan saja,” katanya usai berkunjung ke SMP dan SMA Islam Terpadu Ikhsanul Fikri di Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, di Magelang, Sabtu.

Selain itu, katanya, jika Blackberry tidak memiliki server di Indonesia, pemerintah tidak bisa melakukan langkah deteksi yang terkait dengan berbagai kejahatan atas penggunaan alat komunikasi itu.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, katanya, setiap operator telekomunikasi wajib membuat server di Indonesia.

Ia mengatakan, bank internasional yang membuka layanan di Indonesia juga wajib membuat pusat data di Indonesia karena terkait dengan kepentingan pengusutan tentang dugaan korupsi di Indonesia.

“Indonesia mengalami kesulitan mengusut dugaan korupsi kalau bank internasional tidak membuat server di Indonesia. Kalau ada server di sini, aparat hukum bisa melakukan intervensi,” katanya.

Pihaknya telah mengirim surat kepada perusahaan Blackberry terkait dengan kewajiban mereka membuat server di Indonesia karena mereka juga beroperasi di Indonesia.

“Hingga saat ini belum ada respons, tetapi kami komunikasikan terus, ini sedang proses,” katanya.

Tifatul berkunjung ke kompleks sekolah itu antara lain melakukan pertemuan dengan kalangan pengurus yayasan dan para guru serta berbicara selama beberapa saat dengan para siswa.

Tifatul juga mengunjungi laboratorium komputer sekolah dan stasiun radio komunitas yang dikelola sekolah setempat.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: