Home > Uncategorized > Ilmuwan Temukan Harga dari Sebuah Kebahagiaan

Ilmuwan Temukan Harga dari Sebuah Kebahagiaan

Siapa bilang uang tidak mampu membeli kebahagiaan? Ilmuwan berhasil menemukan nominal uang yang bisa untuk membeli perasaan yang paling diinginkan manusia itu.

Uang tidak mampu membelikan Anda cinta, uang dapat membuat Anda lebih bahagia jika bukan pemilik pendapatan yang tinggi, ujar seorang psikolog yang memenangkan hadiah Nobel.

Sebuah survei dari 1.000 orang Amerika menemukan bahwa kebahagian dapat meningkat sejalan dengan jumlah gaji. Namun, ini jika seseorang memiliki gaji sekitar US$75 ribu (Rp 862 juta) per tahun.

Pendapatan yang lebih dari ini tidak akan memberi kebahagiaan bagi siapapun, berdasarkan keterangan Daniel Jahneman, ahli psikologi di Princeton University di New Jersey.

Jahneman pernah memenangkan hadiah Nobel untuk bidang ekonomi tahun 2002.

Kahneman bekerja sama dengan Angus Deaton, ekonom di universitas yang sama, menganalisa 450 ribu tanggapan survei soal kebahagiaan dan kepuasan hidup yang dijalani sejak tahun 2008 hingga 2009.

Survei ini mencari tahu penilaian seseorang soal kebahagiaan serta deskripsi mereka tentang emosi seperti gembira, khawatir, kesedihan dan daya tarik kehidupan. Mereka kemudian diminta untuk menilai tingkat kepuasan secara keseluruhan dengan rasio 0 untuk yang terburuk hingga 10.

Para peneliti menemukan bahwa kepuasan hidup terus meningkat sejalan dengan jumlah pendapatan seseorang.

Kebahagiaan berbanding lurus dengan pendapatan, namun akan mencapai titik maksimal saat gaji tahunan mencapai US$75.000.

Bagi mereka yang memiliki pendapatan lebih, kebahagiaan tampaknya tergantung pada faktor-faktor lain.

Ilmuwan memperingatkan bahwa kondisi emosional yang negatif seperti perceraian, sakit dan lainnya bisa menambah kesulitan saat jatuh miskin.

“Lebih banyak uang tidak menjamin dapat membeli lebih banyak kebahagiaan, namun sedikit uang pasti berkaitan dengan penyakit emosional,” kata mereka.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: