Home > Uncategorized > Aroma Kopi Arabika Papua Menyebar hingga AS dan Swiss

Aroma Kopi Arabika Papua Menyebar hingga AS dan Swiss

Kopi jenis Arabika asal Wamena, Papua yang memiliki cita rasa dan aroma khas ternyata sangat diminati oleh masyarakat mancanegara, di antaranya Amerika Serikat dan Swiss.

Hal tersebut disampaikan Ketua Koperasi Baliem Arabika Selion Karoba pada saat pameran usaha kecil menengah (UKM) di Gedung Olah Raga Cenderawasih Jayapura, Sabtu (25/9).

Menurut dia, komoditas kopi merupakan salah satu unggulan di AS dan Swiss. Hal ini mengisyaratkan kopi Arabika Papua diminati banyak masyarakat di negara itu. “Masyarakat Amerika mengakui kopi Arabika dari Papua berkualitas dan tak terkalahkan oleh produk kopi dari daerah lain di Indonesia maupun negara lain serta memiliki aroma khas sehingga bernilai ekonomi tinggi,” tambahnya.

Hal yang sama juga pernah dilontarkan pihak Starbucks di Swiss, yang menyampaikan bahwa cita rasa kopi Arabika tidak diragukan lagi, katanya. Dia menjelaskan, dalam satu tahun petani kopi di daerah Wamena bisa memanen kopi sebanyak dua kali, dan dari hasil itu pihaknya bisa mengekspor kopi ke AS sebanyak 12 ton. Selain itu, juga bisa mengirim satu ton ke Timika.    

“Pada saat panen berlangsung, kami langsung membeli dari petani kopi dengan harga per liternya Rp5.000 hingga Rp7.000 ribu,” katanya.      

Ketika disinggung mengenai sentra produksi kopi, ujar Selion, di Wamena ada sejumlah kabupaten penghasil kopi Arabika yakni, Kabupaten Lani Jaya, Jayawijaya, Yahukimo, Mamberamo Tengah, dan Tolikara.

“Untuk Kabupaten Yahukimo kami masih melakukan pendekatan dengan para petani, tapi dalam waktu dekat kami sudah bisa membeli dari masyarakat di sana,” ujarnya.   

Lebih lanjut, ia mengatakan, kopi Arabika asal Wamena mulai di ekspor ke AS sejak Agustus 2008.  Keberhasilan ekspor kopi Arabika asal Wamena ke AS ini diakui oleh pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat.     

Kegiatan ekspor kopi Arabika dari Wamena ke AS ini diharapkan dapat menambah devisa negara.  Di samping itu juga menggerakkan perekonomian penduduk setempat yang giat melakukan penanaman komoditas kopi sejak beberapa tahun silam.

Pameran yang diikuti puluhan UKM yang berada di Papua, mendapat perhatian dan sambutan positif dari masyarakat yang datang ke kegiatan itu.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: