Home > Uncategorized > Bali Waspada Gelombang Tinggi

Bali Waspada Gelombang Tinggi

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, Bali, meminta masyarakat Pulau Dewata, khususnya nelayan, untuk mewaspadai gelombang tinggi.

“Gelombang tinggi terjadi di perairan selatan Bali dengan tinggi mulai dari satu sampai 2,5 meter,” ujar Kepala Subbidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah III Denpasar Nyoman Suarsa, di Denpasar, Senin (27/9).

Beberapa hari sebelumnya, katanya, tinggi gelombang di perairan tersebut bisa di atas tiga meter dengan angin yang kencang. “Kondisi gelombang tinggi ini tentunya akan membahayakan kegiatan perairan di wilayah tersebut, terutama bagi para nelayan,” katanya.

Karena itu, lanjut dia, pihaknya mengimbau para nelayan untuk mengecek kondisi cuaca dengan baik. Apabila kondisi tidak memungkinkan untuk melaut, sebaiknya niat untuk menangkap ikan dibatalkan.

“Karena gelombang tinggi bisa membuat perahu-perahu rusak bahkan hancur. Oleh karena itu, sebaiknya niat untuk melaut untuk sementara dibatalkan sampai kondisi perairan membaik,” ujarnya.

Di sisi lain, Suarsa mengatakan, penyebab terjadinya gelombang diakibatkan cuaca ekstrem dari perubahan cuaca yang terjadi saat ini di Bali. “Salah satu penyebabnya kemungkinan karena terjadinya anomali suhu muka laut yang di atas normal. Dari 27 derajat menjadi 28 derajat celcius,” katanya.

Hal ini membuat suhu muka laut menghangat, ujarnya, kemudian terjadi penumpukan angin hingga kecepatan angin di atas normal. “Rata-rata kecepatan angin berada antara 8-32 kilometer per jam,” ujarnya mengungkapkan.

Sebelumnya, pihak BMKG Wilayah III pun meminta mewaspadai terjadinya berbagai bencana akibat cuaca ekstrem, seperti banjir, longsor dan angin puting beliung.

Di beberapa wilayah Pulau Dewata selama hujan yang terus mengguyur telah terjadi beberapa bencana, seperti belasan rumah warga Ubub hancur akibat angin puting beliung dan beberapa wilayah mengalami longsor serta banjir.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: